Rabu, 19 Agustus 2009

Mesin Cuci

Saat ini mesin cuci jenisnya sangat beragam. Mulai dari manual hingga otomatis. Mulai dari ukurang kecil sampai besar. Mulai dari 2 tabung yang sederhana sampai 1 tabung front cover untuk kegunaan industri.

Namun dari berbagai ragam jenis mesin cuci, masih tetap menggunakan prinsip yang sederhana, yaitu menggunakan putaran air oleh bilah-bilah agitator baik searah ataupun bolak balik, untuk memberikan efek membilas pada barang yang kita inginkan.

Secara garis besar, komponen-komponen mesin cuci adalah:

Unit pencuci. Unit ini terdapat bilah-bilah agitator yang bekerja dengan memutar air baik searah ataupun bolak balik untuk menimbulkan efek membilas.

Unit pengering, Unit ini pada mesin yang sederhana berdiri terpisah dengan unit pencuci, namun pada mesin cuci 1 tabung menyatu dengan unit pencuci. Pada mesin cuci 2 tabung yang sederhana, pengeringan dilakukan dengan prinsip pemutaran drum pengering.

Heater. Unit ini terdapat pada mesin cuci 1 tabung yang agak kompleks, biasanya yang berjenis front cover. Berfungsi sebagai akselerator proses pengeringan pakaian, sehingga proses lebih cepat dan mendekati 100% kering.

Motor. Unit ini adalah jantung dari mesin cuci, yang bertugas memberikan tenaga putaran baik pada unit pencuci ataupun pengering.

Monitor/Control Unit. Pada mesin cuci 2 tabung, unit ini hanya terdiri dari beberapa timer saja, sedangkan pada 1 tabung, dilengkapi dengan rangkaian elektronik yang mengatur berbagai sensor sesuai program yang diinginkan oleh pengguna.


1 komentar: